Connect with us

Nasional

Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Dukung Transformasi TNI

MERDEKANEWS.CO.ID — Presiden Joko Widodo menginginkan TNI melakukan transformasi dalam internal institusinya. Pria yang akrab disapa Jokowi itu menilai hal tersebut sangat penting untuk menjawab tantangan dunia yang begitu cepat berkembang dan dinamis.

“Sebagai panglima tertinggi Tentara Nasional Indonesia, saya menaruh harapan besar dan selalu mendukung transformasi penguatan TNI,” kata Jokowi saat memberikan arahan dalam Upacara Peringatan Ke-75 TNI melalui virtual dari Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (5/10).

Jokowi mengaku sudah sering menyampaikan di berbagai kesempatan kepada para prajurit TNI bangsa dunia berubah sangat cepat. Transformasi organisasi TNI harus terus dilakukan sesuai dengan dinamika lingkungan strategis yang memperhatikan potensi ancaman.

Jokowi juga mengingatkan TNI agar mengupayakan perkembangan teknologi di institusinya. “Sejak awal reformasi, telah banyak transformasi organisasi TNI yang telah dilakukan untuk memastikan agar TNI mendukung secara tepat dengan kebutuhan konsolidasi demokrasi untuk memastikan agar TNI bisa adaptif dengan perkembangan ancaman pasca-Perang Dingin, terutama terhadap ancaman-ancaman nonkonvensional dan ancaman transnasional,” kata Jokowi.

Jokowi juga melihat TNI sudah mampu mengembangkan teknologi militer terkini berbasis teknologi informasi, teknologi nano, dan teknologi otomatisasi. Dalam lima tahun terakhir, TNI telah melakukan transformasi organisasi secara signifikan dengan melakukan pembentukan satuan-satuan organisasi yang baru.

Meski demikian, lanjut Jokowi, transformasi organisasi dan teknologi juga harus didukung oleh transformasi personel baik dalam menghadapi tugas operasi militer untuk perang maupun untuk tugas tugas operasi militer selain perang.

Jokowi sendiri bersyukur telah tertanam kuat karakter pejuang dalam diri prajurit TNI. Karena itu, karakter pejuang ini harus terus melekat dan lembaga dalam pengabdian prajurit TNI di mana pun berada.

“Karakter pejuang yang selalu siap untuk bersinergi untuk bekerja sama bahu-membahu dengan berbagai elemen bangsa, sinergi antarkorps, sinergi antarmatra, sinergi antarinstansi, serta jenis di antara TNI dan Polri,” jelas Jokowi. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement