Connect with us

Berita Peristiwa

PT. Chandra Asri dan PT. DOW Indonesia Bersatu Bersihkan Pantai Anyer dalam Aksi “Coastal Clean Up Collaboration”

Published

on

Merdekanews.co.id — Sampah yang kerap diasumsikan sebagai biang keladi masalah lingkungan. Sebetulnya bukan masalah bila kita mengolahnya kembali melalui kegiatan daur ulang sebagai siklus  akhir sebuah material hasil produksi. Namun dewasa ini, daur ulang masih belum terlaksana dengan baik dan menjadi salah satu penyebab penimbunan sampah. Salah satu tempat yang kerap ditemukan timbunan adalah daerah pantai, karena merupakan titik akhir daratan.

Pada hari Jumat 30 April 2019, CIRCULACTION bersama PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk dan PT. DOW Indonesia bersatu melakukan Bersih Pantai bertajuk “Coastal Clean Up Collaboration” di Pantai Paku, Anyer yang dimulai pukul 08.00 Pagi. Selain itu, Kabupaten Serang, Kepolisian Daerah Banten, TNI AL Anyer, Anyer Bersih, Pramuka Kwarda Banten, DLH Serang, DLH Cilegon, Koramil Anyer, Kelurahan Anyer, Kelurahan Cikoneng, Kecamatan Anyer, Komunitas Sales Pesona Anyer, Kepolisian Sektor Anyer, Solideritas Remaja Paku dan Komunitas Tepos turut membantu jalannya program ini.

Tidak hanya melakukan aksi bersih – bersih, aksi ini juga mengajarkan peserta untuk memilah sampah. Pemilahan sampah mempercepat tahappengolahan selanjutnya, yakni daur ulang. Sampah dibedakan menjadi 10 kategori, yakni Organik, Kertas / Duplek, Plastik Botol, Plastik Gelas, Plastik Kresek, Logam / Kaleng, Kacang / Beling, Residu Kain, Residu Terpal atau Kain dan Residu Plastik Sekali Pakai.

“Dengan adanya kolaborasi seperti ini, Kami mengharapkan dapat menciptakan kesadaran ” Ujar Vichan Tangkengsirisin, President Director PT. DOW Indonesia yang juga kencang dalam membuat program #PullingOurWeight sebagai aksi peduli dalam membersihkan sampah di laut.

Dalam aksi bersih kali ini, Sampah yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak 1,036 Kg selama 3 Jam melakukan aksi bersih Pantai Paku. Sampah yang terkumpul pada acara Coastal Clean Up Collaboration, seluruhnya diberikan kepada TPST 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu 3R (Reduce-Reuse-Recycle) lokal untuk dilakukan daur ulang dan produksi pupuk kompos.

“Dengan adanya kolaborasi dengan TPST 3R, Kami meilhat potensi untuk terbentuk jalur persampahan yang memiliki keuntungan untuk semua pihak. Dimana nantinya sampah akan menjadi sebuah material yang dapat di daur ulang dan memiliki nilai lebih,” Ujar Erwin Ciputra selaku President Director PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk.

“Kami berharap dengan melakukan Coastal Clean Up Collaboration, para peserta dapat mengaplikasikan pemilahan sampah mulai dari rumah sehingga nantinya kultur daur ulang akan lebih mudah untuk dilaksanakan” Ujar Wiratama selaku CEO Circulaction. (adv)

Trending