Connect with us

Nasional

Kunker ke Jatim, Jokowi Pakai Pesawat Kepresidenan Cat Merah

MerdekaNews.co.id – Presiden Joko Widodo menggunakan pesawat kepresidenan yang baru dicat menjadi merah putih saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jawa Timur, Kamis (19/8).
Ini merupakan pertama kalinya Jokowi menggunakan pesawat kepresidenan usai perubahan warna dari biru menjadi merah.

Dari foto yang diberikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, terlihat Jokowi akan menaiki pesawat kepresidenan bernuansa merah putih tersebut.

“Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB,” tulis keterangan resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Kamis (19/8).

Bey mengatakan, setibanya di Jatim, Jokowi bakal meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun. Jokowi juga akan melakukan konferensi video dengan peserta vaksinasi serupa di sejumlah provinsi lain.

Kemudian, Jokowi dijadwalkan menuju Gang Kampung Pesilat, Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dari rumah ke rumah bagi masyarakat.

Beranjak siang hari, Jokowi bakal memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kabupaten Madiun.

Jokowi juga dijadwalkan mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac. Pada kesempatan yang sama, Presiden akan melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking perluasan pabrik dan berdialog bersama para petani.

“Selesai rangkaian acara, Presiden dan rombongan akan kembali ke Jakarta pada sore harinya,” tutur Bey.

Sebelumnya, cat ulang pesawat presiden dari biru ke merah sempat menjadi polemik. Proyek cat ulang yang menelan biaya sekitar Rp2,1 miliar di tengah pandemi virus corona (Covid-19) itu banyak menuai kritik dari berbagai kalangan.

Pakar penerbangan Alvin Lie menilai kegiatan pengecatan ulang pesawat kepresidenan itu ibarat foya-foya di tengah kesulitan. Alvin menaksir biaya cat ulang pesawat setara B737-800 itu bisa menghabiskan biaya hingga US$150 ribu.

Pihak Istana belakangan mengklarifikasi bahwa pemerintah tidak hanya melakukan pengecatan ulang terhadap Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 atau Pesawat BBJ 2. Ada dua pesawat lain yang juga dicat ulang, salah satunya helikopter Super Puma.

pala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, pengecatan pesawat-pesawat itu telah direncanakan sejak 2019. Pengecatan dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia pada 2020.

“Proses pengecatan sendiri merupakan pekerjaan satu paket dengan Heli Super Puma dan pesawat RJ,” kata Heru dalam keterangan tertulisnya.

Heru menyampaikan Helikopter Super Puma dan pesawat RJ sudah dicat terlebih dulu. Adapun Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 baru dicat tahun ini. Pengecatan pesawat itu menunggu jadwal perawatan pada 2021.

(IHD/CNN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement