Connect with us

Covid-19

Kematian Bertambah 551 Orang, Kasus Covid Aktif Jadi 217.590

Merdekanews.co.id – Jumlah orang terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia pada Minggu (29/8) bertambah sebanyak 7.427 kasus. Dengan tambahan itu akumulasi warga yang terinfeksi Covid mencapai 4.073.831 kaus.

Data Kemenkes juga mencatat ada 551 meninggal dunia sehingga total korban tewas akibat Covid mencapai 131.923 orang. Sementara akumulasi kesembuhan sebanyak 3.724.318 setelah tambahan angka 16.468 sembuh hari ini.

Dengan data tersebut, kasus aktif positif virus corona di Indonesia hari ini mencapai 217. 590 atau berkurang sebanyak 9.595 kasus.

Pemerintah telah menetapkan perpanjangan PPKM di Indonesia. Untuk PPKM Jawa-Bali pemerintah menurunkan status PPKM di wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya menjadi PPKM Level 3. Sementara aglomerasi Bali, Malang Raya, Solo, dan DIY masih berstatus PPKM Level 4.

PPKM di Jawa-Bali berlaku sampai 30 Agustus. Sementara untuk PPKM Luar Jawa-Bali berlaku sampai 6 September.

Untuk PPKM Luar Jawa-Bali, ada 11 daerah kabupaten/kota yang mengalami penurunan dari Level 4 ke Level 3.

Kabupaten/kota luar Jawa-Bali yang mengalami penurunan dari Level 4 menjadi Level 3 antara lain, Bengkulu Utara, Merangin, Barito Kuala, Tulang Bawang Barat, Lampung Selatan, Lampung Barat, Ende, Sikka, Siak, Bengkulu, dan Kota Dumai.

Dalam PPKM kali ini, sejumlah daerah telah turun level karena mengalami penurunan kasus positif virus corona. Selain, tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 yang menurun juga salah satu faktor mengapa level PPKM diturunkan.

Pemerintah pun melonggarkan aturan mulai dari sistem kerja PNS, aturan beribadah di rumah ibadah, sampai dengan pembelajaran di sekolah.

Mulai 30 Agustus, sejumlah daerah yang menerapkan PPKM Level 3 akan mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM), tidak lagi Pembelajaran Jarak Jauh.

Jakarta yang berstatus PPKM Level 3 menyatakan 610 sekolah siap menggelar PTM besok.

Kasubag Humas Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Taga Radja mengatakan, jumlah sekolah yang melakukan pertemuan tatap muka itu mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMK, SMA, MAN, hingga sekolah luar biasa (SLB).

“Persiapan kan dari sejak Jumat, Sabtu, dan hari ini, teman-teman pejabat eselon 3 dan 4, pengawas sekolah, persiapan sekolah pelaksanaan PTM terbatas. Sejauh ini, secara umum, semua siap melaksanakan PTM besok hari,” kata Taga kepada CNNIndonesia.com, Minggu (29/8).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement