Connect with us

Suara Senayan

Johan Desak Pemerintah Prioritaskan Kesejahteraan Penyuluh Perikanan Bantu

Merdekanews.co.id – Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan mendesak pemerintah segera memperhatikan nasib dan kesejahteraan para penyuluh perikanan bantu (PPB) agar mereka mendapat perhatian dalam hal pengangkatan Pegawai Negeri Sipil di lingkup Kementerian Kelautan Perikanan.

Pemerintah harus mendengar aspirasi mereka yang telah disampaikan dalam beberapa aksi demonstrasi baru-baru ini agar keinginan mereka bisa terwujud demi menghargai pengabdian mereka yang sudah lama dan optimalisasi kinerja penyuluh perikanan yang lebih baik ke depan, tutur Johan yang disampaikannya dalam acara audiensi aliansi penyuluh perikanan bantu bersama sejumlah Anggota Komisi IV DPR yang berasal dari Fraksi PKS yang dilakukan secara virtual pada Hari Jumat (2/7) sebagai bentuk dukungannya terhadap perjuangan aliansi penyuluh perikanan.

Politisi PKS ini mendukung agar seluruh penyuluh perikanan bantu di Indonesia dengan jumlah sekitar 1.998 orang dapat diangkat seluruhnya menjadi PNS tanpa syarat, hal ini mengingat peran mereka sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan penyuluh perikanan dan mengatasi permasalahan kurangnya tenaga penyuluh yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Saya minta pemerintah segera membuat keputusan terkait hal ini karena saat ini kita perlu meningkatkan performa kinerja dari seluruh penyuluh perikanan di tanah air agar dapat membantu masyarakat perikanan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, ujar Johan.

Legislator senayan ini menilai para penyuluh perikanan bantu sangat layak untuk diprioritaskan karena mereka telah memiliki pengalaman lama dan kompetensi untuk menunjang kinerja mereka, para penyuluh tersebut relatif berkompeten dan biasanya mereka telah banyak mengikuti berbagai pelatihan teknis perikanan sehingga akan berpengaruh nyata terhadap kualitas kerja mereka, ucap Johan.

Wakil rakyat dari Pulau Sumbawa NTB ini juga berharap pemerintah melalui Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) dapat mengoptimalkan kegiatan penyuluhan perikanan agar target peningkatan produksi perikanan dapat tercapai baik perikanan budidaya, perikanan tangkap maupun pengolahan perikanan. Saya yakin melalui sistem penyuluhan perikanan yang efektif, terintegrasi dan sesuai dengan perkembangan zaman maka berperan signifikan dalam memajukan sektor perikanan di tanah air dan dapat bersaing dengan negara lain, urai Johan.

Ketua DPP PKS ini mengungkapkan saat ini sektor perikanan kita masih jauh tertinggal dibanding negara lain, maka peningkatan peran penyuluh perikanan menjadi sebuah keharusan sebagai ujung tombak terciptanya sistem penyuluhan yang serasi dan terpadu dengan kelembagaan, pelaku usaha dan terdepan dalam membantu nelayan dan masyarakat perikanan dalam menghadapi berbagai persoalan lapangan. Kepedulian pemerintah terhadap nasib para penyuluh perikanan ini sangat penting dalam tata kelola sistem penyuluhan nasional, papar Johan.

Anggota Legislatif dari dapil NTB 1 ini menegaskan peningkatan kinerja dari para penyuluh perikanan bantu ini dapat tercapai jika mereka diperhatikan nasib dan kesejahteraannya sesuai dengan aspirasi yang mereka suarakan dan juga mereka perlu disediakan sarana dan prasarana serta biaya kegiatan penyuluhan agar semakin optimal, demikian tutup Johan Rosihan.

reporter : IHD

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement