Connect with us

Uncategorized

Banyak Nakes Terpapar Covid, RSPAD Minta Tambahan Dokter Umum

MerdekaNews.co.id – Kepala Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Letnan Jenderal TNI Albertus Budi Sulistya meminta tambahan tenaga dokter umum untuk menangani pasien di rumah sakit itu.

Permintaan tersebut disampaikan Budi kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa. Budi mengatakan RSPAD saat ini kekurangan dokter lantaran banyak tenaga kesehatan terpapar Covid-19.

“Untuk tenaga dokter, memang dokter umum harus persiapan tenaga pengganti,” kata Budi dikutip dari YouTube resmi TNI AD, Selasa (13/7).

Menurutnya, pihaknya saat ini membutuhkan sekitar sepuluh dokter umum untuk mengisi kekosongan para dokter yang tengah menjalani perawatan.

Penambahan itu kata dia jika dimungkinkan bisa mengambil dari Perwira Siswa Cabang yang telah menerima penempatan di batalion masing-masing. Budi mengatakan bisa saja mereka ditarik kembali untuk memenuhi kebutuhan di RSPAD.

“Jika dimungkinkan, kan belum lama kemarin ada Sarcab (siswa cabang) untuk tenaga dokter ini yang sudah penempatan di batalion pun bisa kami rekrut kembali untuk menambah perkuatan dokter umum di RSPAD,” katanya.

Mendengar hal itu, Andika menyatakan akan langsung meminta asisten lapangan untuk menugaskan sejumlah dokter memenuhi kebutuhan di RSPAD.

“Nanti biar yang di lapangan itu sampaikan berapa yang ditugaskan bisa kembali ke sini (Jakarta). Kalau lebih (10) terima saja agar pengaturan sif tidak panjang,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Andika juga menerima laporan terkait penambahan tempat tidur di RSPAD. Sebanyak 381 unit tempat tidur ditambahkan untuk mengantisipasi pasien Covid-19 yang terus melonjak.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengungkapkan bahwa Indonesia kekurangan sekitar 3.000 dokter untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Selain itu, Indonesia juga membutuhkan sekitar 16 ribu hingga 20 ribu orang perawat. Budi menyampaikan ada sekitar 3.900 orang dokter yang akan selesai magang tahun ini. Menurutnya, pemerintah akan mempersiapkan para dokter muda tersebut untuk langsung ikut menangani pandemi Covid-19. (CNN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement