10 Jenis Kuat Merawat Notebook Merek Lenovo

Jakarta, Merdekanews.co.id – Komputer sementara ini datang di dalam banyak ragam wujud dan ukuran, dan masing-masing memicu kami selamanya terhubung bersama dunia digital terhadap kala tertentu. Apa pun target yang diandalkan dari koleksi perangkat Anda, baik untuk bekerja maupun bermain, menjaganya sehingga selamanya didalam kondisi sempurna dan tidak cacat adalah hal yang paling penting. Mulai dari daya tarik tampilan sampai fungsi operasionalnya, komputer yang terpelihara bersama baik dapat keluar cantik, tahan lama, dan berperforma andal.

Menjaga PC sehingga selalu dalam situasi sempurna bakal memperpanjang usia PC Anda, baik secara internal maupun eksternal. Sistem operasi bermasalah, CPU amat panas, atau baterai cepat habis adalah persoalan pc yang bisa dihindari dan dicegah dengan sedikit perawatan rutin. Mari kita menyaksikan 10 tips dan cara menjaga komputer PC, atau laptop esensial ini, agar tidak lemot, tetap berperforma kuat sepanjang bertahun-tahun, dan tampilannya selamanya menarik.

Menjaga PC supaya tetap didalam keadaan prima dapat memperpanjang usia PC Anda, baik secara internal maupun eksternal. Sistem operasi bermasalah, CPU terlalu panas, atau baterai cepat habis adalah persoalan pc yang dapat dihindari dan dicegah bersama dengan sedikit perawatan rutin. Mari kita menyaksikan 10 tips dan langkah menjaga computer PC, atau laptop esensial ini, supaya tidak lemot, tetap berperforma kuat sepanjang bertahun-tahun, dan tampilannya senantiasa menarik.

1. Melindungi bersama dengan bantalan

Semua orang dulu mengalaminya; jatuh, terbentur, dan terpeleset bisa membawa dampak kerusakan tampilan supaya tidak sedap dipandang yang menyebabkan computer Anda tampak kurang disukai. Jika Anda seperti biasanya orang yang bepergian dengan membawa PC, melindunginya berasal dari kecelakaan hampir jadi mustahil kalau Anda mengemas PC didalam tas jinjing. Laptop yang terbuka rentan terhadap seluruh moment perjalanan yang tidak Anda inginkan.

Apa pun kegiatan anda, baik bepergian bersama dengan kelas usaha atau berpindah-pindah kelas di kampus, menjaga PC berasal dari beraneka momen diawali dengan casing pelindung. Beberapa layanan pemberian yang berlainan menawarkan tingkat pertolongan dan fungsi yang juga berbeda. Sarana berikut mencakup:

Skin
Berfungsi sebagai stiker yang menutupi semua bodi laptop, skin laptop paling baik untuk menjaga sasis dari kerusakan enteng dan goresan.

Penutup snap-on bergaya hardshell
Penutup laptop hardshell berbahan polikarbonat, plastik, atau karet bisa melindungi PC Anda, sekaligus tetap menghadirkan kemudahan di dalam terhubung porta, tombol, lampu, dan kipas.

Sleeve
Kantong yang sederhana, lembut, bergaya amplop yang biasanya terbuat berasal dari bahan lembut layaknya nilon, poliester, suede, atau mikrofiber, sleeve laptop adalah alat pelindung yang ringan.

Tas jinjing
Tas bahu yang dirancang tertentu untuk mengakomodasi laptop Anda dan periferal yang diperlukan, Tas laptop jinjing tertentu tawarkan bantuan yang paling empuk.

2. Merapikan kabel

Hal yang lebih membuat kesal daripada berurusan dengan kabel yang panjang dan membingungkan adalah sementara seluruh kabel saling tercampur dan kusut. Tetap mengakses dengan dunia digital adalah suatu keharusan, jadi mencampurkan kabel bukanlah pilihan yang layak. Meluangkan sementara untuk merapikan dan mengatur banyak kabel mengular yang muncul berasal dari soket ekstensi dan porta PC adalah cara awal yang baik bagi pengguna desktop dan laptop. Cobalah tips untuk merapikan kabel berikut ini:

Soket ekstensi yang melingkar

Soket ekstensi biasa memiliki satu baris atau panel input tegangan. Dengan soket ekstensi yang melingkar, Anda bebas mengubah posisi begitu banyak ragam charger, monitor, dan dok.

Kode warna kabel

Kabel pc cenderung punya dua warna: hitam dan putih. Merapikan kabel yang kacau mampu dilakukan semudah memberi kode warna dengan warna merah, biru, kuning, hijau, dan/atau memakai label rona yang berbeda.

Klip kabel

Merapikan kabel dapat lebih enteng seandainya Anda menempatkan klip kabel pada meja, dinding, atau lantai. Klip kecil ini dirancang untuk menghindar kabel bersama dengan bervariasi ukuran.

Panel pengatur

Berfungsi sebagai panel untuk klip kabel, panel pengatur kabel dapat menampung banyak kabel. Tempelkan bersama dengan perekat atau taruh di sisi meja jika kabel yang digunakan lumayan berat.

Tips pro: Pastikan untuk menjauhkan kabel dari jalan yang dilalui orang. Jika seseorang tersandung kabel, perangkat Anda sanggup terjatuh, rusaknya yang lebih besar dapat berjalan dalam saat itu juga dibandingkan dengan penggunaan selama bertahun-tahun.

3. Memperbarui sistem operasi

Jika Anda tengah melacak cara pemeliharaan computer dasar, tetap memperbarui proses operasi Anda adalah salah satu solusi termudah. Terlepas berasal dari siapa pun Anda, baik penggemar berat Windows, Mac, maupun Linux, memperbarui PC waktu patch baru ada akan memastikan performa PC Anda tetap mutakhir.

Windows 10 terkenal sebagai sistem memelihara pengguna supaya tetap seirama dengan fitur pemeriksaan pembaruan sekali dalam sehari. Pemindaian otomatis ini ditunaikan di latar belakang dan selamanya memberi memahami Anda kecuali tersedia perangkat lunak atau patch proses operasi perlu yang mesti diperbarui. Tujuan pada akhirnya adalah untuk mengoptimalkan performa PC Anda, jadi pas Windows menganjurkan pembaruan, sebaiknya Anda lakukan.

Tips pro: Pembaruan spesifik membutuhkan waktu lebih lama berasal dari yang lain. Sisihkan pas sebelum akan tidur atau selama istirahat siang, sehingga Windows dapat jalankan tugasnya tanpa mengganggu urutan kerja Anda.

4. Melepas charger untuk hindari pengisian daya berlebih

Dengan meningkatnya ketergantungan terhadap perangkat nirkabel, mengoptimalkan kekuatan baterai adalah prioritas utama bagi banyak orang. Beberapa hal sesungguhnya lebih menakutkan dibandingkan baterai terkuras dikarenakan Anda bekerja dan bermain sepanjang berjam-jam di hari yang sama. Namun, dapat lebih baik jika Anda menahan godaan untuk menyambungkan charger pas kekuatan baterai PC tetap berada di bawah 50%.

Pengisian kekuatan yang tidak penting bisa mengundang pengisian kekuatan berlebih, yang lantas sebabkan penurunan kebolehan regeneratif baterai. Biasanya, situasi ini dapat dicermati kala laptop tidak sanggup menaruh energi sebaik pada hari-hari sebelumnya.

Bobot charger yang lumayan berat mampu jadi hambatan obyek portabilitas nirkabel sebuah laptop. Agar baterai tidak bernasib buruk, sebaiknya terlepas charger perangkat Anda setelah kekuatan menggapai 100% dan jangan gunakan sampai energi benar-benar rendah.

5. Membersihkan sistem dari fail dan program sampah

Umur terbaik pc cenderung ditentukan oleh kuantitas fail tidak terpakai yang tersimpan pada hard drive. Tanpa Anda sadari, program tidak berfungsi dan fail sampah lama mungkin manfaatkan lebih banyak area penyimpanan. Mulai dari perangkat lunak versi lama sampai fail CV lama Anda, PC pastinya bakal sharing ruang secara adil untuk sampah digital yang menumpuk pada desktop atau di start menu. Program dan fail tersebut bersama dengan cepat akan berubah jadi hama bagi performa jikalau konsisten menumpuk.

Sebelum komputer berharap lebih banyak ruang penyimpanan, memakai tips pembersihan PC tersebut ini untuk mengosongkan sistem Anda.

  • Hapus instalan perangkat lunak uji coba
  • Jalankan perangkat lunak disk cleanup
  • Kosongkan recycle bin
  • Hapus file sementara
  • Hapus cache halaman situs offline

6. Menjalankan pemindaian antivirus secara rutin

Serangan malware dapat setiap pas menyusup ke komputer Anda, dan jikalau terjadi, mempunyai antivirus cerdas yang terinstal di PC bakal merawat Anda berasal dari rusaknya akibat virus. Pemindaian antivirus tiap-tiap minggu menegaskan computer Anda senantiasa bersih berasal dari infeksi perangkat lunak berbahaya. Pemindaian basic bakal memeriksa komputer untuk melacak bahaya yang terlihat mengetahui atau kesibukan yang tidak wajar.

Bagi pengguna yang kerap mengfungsikan website serta rutin mengunduh program dan fail, sebaiknya melaksanakan pemindaian virus dua kali didalam seminggu. Tindakan ini senantiasa lebih baik dalam hal keamanan, terlebih andaikata terdapat risiko terkait information teristimewa Anda.

Infeksi malware bisa membahayakan performa pc dan mengutarakan informasi rahasia Anda kepada pihak ketiga yang merupakan pelaku kejahatan dunia maya. Tergantung terhadap style malware yang terinstal pada sistem Anda, virus termasuk dapat:

  • Memperlambat kecepatan browser web
  • Mengganggu koneksi jaringan
  • Membekukan atau merusak sistem
  • Mengubah pengaturan komputer
  • Mengizinkan akses tidak sah ke sumber energi sistem
    Dengan menggerakkan pemindaian antivirus secara rutin, Anda mampu yakin bahwa tidak tersedia virus yang lolos. Pastikan penyedia fasilitas pemindaian antivirus yang Anda pilih terhitung memindai seluruh fail unduhan.

7. Membersihkan keyboard dan casing

Anda dapat terperanjat lihat begitu banyak debu dan kotoran di bawah tombol keyboard Anda. Remah-remah makanan, bulu hewan, sampai debu dan kotoran, dan semua yang mampu masuk di sela-sela tombol adalah sejumlah partikel kotor sanggup menyumbat keyboard Anda. Akibatnya, tombol menjadi lengket atau sukar ditekan.

Membersihkan anggota laptop atau desktop yang susah dijangkau paling enteng dilakukan manfaatkan tabung hawa bertekanan, yang ada berasal dari toko peralatan kantor, toko komputer, dan toko perangkat keras.

Untuk keyboard eksternal

Lepas keyboard berasal dari porta USB atau matikan kecuali nirkabel. Miringkan keyboard menghadap ke bawah, selanjutnya kibaskan kotoran yang gampang terlepas terutama dahulu. Semprotkan udara bertekanan bersama sudut khusus dan berjarak kurang lebih 2 cm dari tombol. Untuk menyelesaikannya, memanfaatkan kain mikrofiber basah untuk menghilangkan debu atau kotoran yang tersisa.

Bagi pengguna laptop

Matikan laptop, lalu terlepas USB atau input catu daya apa pun. Miringkan laptop menghadap ke bawah, lalu ketuk perlahan untuk mendorong keluar kotoran yang ringan lepas. Letakkan laptop didalam posisi normal, selanjutnya semprot di pada tombol dari jarak kira-kira 2 cm. Semprotkan sedikit demi sedikit secara berurutan dari satu segi keyboard ke segi lainnya.

Jika terdapat area spesifik yang lebih sulit dibersihkan, memanfaatkan kapas pentul yang dicelupkan di dalam alkohol isopropil sebagai pilihan alternatif. Alkohol bakal menguap lebih cepat daripada air, agar menjadi solusi sempurna untuk kotoran yang mengeras.

Tips pro: Saat bersihkan laptop atau desktop, menjauhi menuangkan model cairan apa pun pada bodi. Perangkat elektronik tidak boleh terkena air gara-gara bisa membawa dampak kerusakan parah pada computer Anda.

8. Memperbarui kata sandi Anda

Percaya atau tidak, memperbarui kata sandi mirip pentingnya bersama dengan mencadangkan information Anda. Laporan Investigasi Pelanggaran Data Verizon 2017 mendapatkan bahwa 81% pelanggaran mengenai peretasan yang meresahkan mengfungsikan kata sandi yang dicuri dan/atau lemah [1]. Kata sandi yang buruk mencakup seluruh perihal berikut, menjadi dari gunakan kata sandi yang mirip untuk tiap tiap akun hingga memanfaatkan kata sandi yang simple dan ringan ditebak seperti “kata sandi” atau “123456”.

Untuk pemeliharaan computer mendasar, menjaga dunia digital berasal dari penjahat dunia maya adalah tugas Anda yang paling utama. Tidak tersedia sistem keamanan yang sempurna, dan kala ini lebih banyak costumer yang jelas perihal ini dari sebelumnya.

Jika Anda belum memperbarui kata sandi, sebaiknya pakai tips pembuatan kata sandi yang kuat berikut ini:

  • Gunakan setidaknya 10 karakter
  • Gunakan paduan huruf besar dan huruf kecil
  • Sertakan angka dan lambang khusus
  • Tambahkan emotikon terkecuali terlalu mungkin (:O, :(, :D, :), TT)
  • Kata sandi yang kuat sanggup menjaga seluruh knowledge Anda berasal dari risiko peretas pihak ketiga, itulah alasan pentingnya merubah kata sandi didalam pemeliharaan komputer.

9. Merapikan data Anda

Saat pekerjaan dan selagi bermain Anda tidak menyisakan banyak pas untuk mengelola fail penting, susunan data terhadap computer Anda dapat jadi kacau. Apa pun knowledge Anda, baik fail musik lama berasal dari garage band maupun unduhan add-on untuk game simulasi favorit Anda, banyak folder terhadap PC yang menjad semakin penuh.

Jika tidak ingat kapan terakhir kali Anda lihat folder unduhan, barangkali sudah terlambat bagi Anda untuk membukanya. Hal yang mirip berlaku untuk folder bawaan lainnya (dokumen, foto, dan lain-lain).

Mengatasi desktop yang berantakan atau folder komputer yang penuh sesak barangkali merupakan tugas yang menakutkan, namun tips dan trick tersebut bisa memudahkan Anda di dalam mengatur proses fail dan folder yang baik.

Buat folder besar utama

Tujuan utama tiap-tiap orang dalam pakai komputer berbeda-beda. Seorang penulis terlepas barangkali punya folder tugas utama yang terlalu tidak serupa dari pecinta game profesional atau pemilik usaha. Sangat perlu untuk mempersempit dunia digital Anda dengan membagi folder simple sehingga langkah awal organisasi Anda menjadi mudah, dan cara Anda berikutnya menjadi lebih mudah.

Buat subfolder kecil

Dalam folder besar utama Anda, membuat subfolder yang lebih kecil sehingga operasional organisasi Anda menjadi lebih lancar. Kemampuan mengakibatkan kategori fail berdasarkan kegunaan atau isinya bakal menopang Anda mengaksesnya setiap kali Anda membutuhkannya. Tidak kudu ulang memakai tombol pencarian.

Kosongkan folder unduhan Anda

Fungsikan folder unduhan sebagai cache pas untuk fail yang baru diunduh. Biasakan menaruh unduhan terakhir didalam folder yang pas atau menghapusnya sehabis digunakan.

Bersihkan desktop Anda

Saat memunculkan komputer dan bersiap untuk pekerjaan sehari-hari atau menjelajah media sosial ringan, Anda ingin mampu melakukannya dengan lancar. Kosongkan desktop berasal dari seluruh fail, folder, atau program yang tidak bakal langsung Anda memakai sehabis membangkitkan komputer.

Pilih nama fail yang gampang diingat

Jika sering menyimpan gambar, PDF, dan fail lazim lainnya, Anda paham betapa mudahnya mengetik omong kosong saat mengeklik “Save as”. Tidak wajib terburu-buru, sebaiknya luangkan kala untuk sebabkan nama fail yang bermakna, supaya Anda selamanya memahami fail apa saja yang tersimpan di hard drive serta lokasinya.

10. Cadangkan knowledge Anda

Dengan memiliki pc modern, mempersiapkan hal-hal yang tidak terduga adalah bagian berasal dari tugas Anda. Kerusakan mendadak, problem di selagi yang tidak tepat, dan kegagalan perangkat keras secara acak, seluruh itu berpotensi mengakibatkan kerusakan data yang ada di PC Anda. Mencadangkan fail adalah keliru satu prosedur perawatan komputer terpenting yang dapat dilaksanakan sendiri oleh pengguna PC. Itu alasan kami menempatkannya di posisi terakhir. Komputer Anda barangkali mampu diganti, tapi tanpa cadangan, informasi Anda dapat hilang.

Pencadangan penuh biasanya ditunaikan dengan hard drive eksternal bersama dengan kapasitas penyimpanan besar dan di cloud. Dengan menduplikasi salinan dari semua fail yang ada di PC (menyimpan knowledge di 3 daerah adalah cara paling aman), simpan seluruh knowledge bernilai Anda terhadap komputer, di di dalam drive eksternal, atau di cloud.